Penyebab Munculnya Jerawat Pada Wajah

Penyebab munculnya jerawat pada wajah sangat penting untuk diketahui sehingga nantinya akan memudahkan kita untuk menjaga kebersihan dan berhati-hati untuk mencegah munculnya jerawat. Acne vulgaris atau lebih kita kenal dengan nama jerawat merupakan masalah klasik kulit wajah (pipi, dahi, dan hidung) akan tetapi kadang juga akan kita temukan pada dada, leher, serta punggung. Jerawat menjadi masalah yang sering mengganggu penampilan kita, bukan hanya wanita, tetapi juga pria. Bukan hanya remaja, namun juga sampai orang dewasa. Tidak ada orang yang melewati masa remajanya tanpa ada satupun jerawat pada wajahnya.

Bagi sebagian orang, terutama para remaja penyebab munculnya jerawat menjadi pertanyaan yang harus diketahui penyebabnya. Dengan mengetahui sebab munculnya jerawat kita bisa melakukan langkah-langkah untuk mengantisipasi munculnya jerawat, serta memudahkan kita untuk melakukan penangan agar jerawat dapat segera dihilangkan. Apa saja kira-kira penyebab jerawat? pada kesempatan ini kami akan mengulas beberapa faktor penyebab timbulnya jerawat pada wajah kita.

Sebelum anda mencari cara menghilangkan jerawat, yang pertama harus anda lakukan ialah mengenali apa itu jerawat beserta jenis-jenisnya dan penyebab-penyebab yang memicu terbentuknya jerawat. Sehingga selain mengobati, kita juga tahu cara mencegahnya.

penyebab munculnya jerawat wajah image

Sebab-Sebab Munculnya Jerawat

1. Produksi Minyak Berlebih
Banyak orang beranggapan bahwa jerawat hanya disebabkan karena faktor dari luar tubuh kita, bahkan banyak yang beranggapan jika jerawat muncul karena kita sedang jatuh cinta, pemahaman yang benar-benar keliru. Perlu diketahui bahwasanya jerawat bisa muncul karena faktor internal dari tubuh kita. Jerawat terjadi karena adanya kulit abnormal diakibatkan adanya kelebihan produksi kelenjar minyak (Sebaceus Gland) sehingga menyebabkan terjadinya penyumbatan pada saluran folikel pori-pori dan rambut di kulit. Sebab terjadinya jerawat yang paling umum adalah tumpukan minyak, hormon, atau bisa juga sabun yang bercampur dengan bakteri pada kulit wajah.

2. Bakteri
Kuman dan bakteri merupakan salah satu penyebab munculnya jerawat. Bukan hanya penyebab, bahkan adanya bakteri dapat memperparah jerawat. Bakteri yang disebut p. acne biasanya ada pada kulit dan cenderung untuk terus berkembang biak dalam kelenjar sebaceos yang mengalami penyumbatan sehingga menimbulkan iritasi didaerah sekitarnya. Penyumbatan ini akan semakin membesar, dan menyebabkan peradangan pada kulit wajah disertai rasa perih. Hati-hati jangan sekali-kali memencet jerawat dengan tangan ataupun alat lain, dikhawatirkan karena alat yang kurang bersih kuman dari luar akan ikut menginfeksi jerawat sehingga akan makin memperparah jerawat. Selain itu memencet jerawat keluar secara paksa akan menimbulkan rasa perih dan bekasnya akan membentuk lubang seperti bekas cacar air.

3. Sel-Sel Kulit Mati
Pada dasarnya munculnya jerawat terjadi karena adanya produksi minyak yang berlebih akibat berlebihnya hormon androgen. Akhirnya jerawat mulai muncul karena bakteri bercampur dengan sel-sel kulit mati. Penyumbatan yang terbentuk karena sel-sel kulit mati tersebut bercampur juga dengan sabun hingga campuran tersebut menebal sehingga menimbulkan bintik hitam atau putih pada wajah. Jerawat biasaya terdapat pada muka, namun tidak jarang jerawat juga muncul pada tangan, leher ataupun punggung.

Macam-Macam Penyebab Jerawat Membandel


1. Faktor Hormonal
Hormon merupakan faktor utama penyebab munculnya jerawat apalagi untuk remaja. Jerawat pertam kali biasanya akan muncul pada remaja saat memasuki usia 15 tahun. Kemudian akan menghilang memasuki usia 25 tahun. Namun pada beberapa orang walaupun hanya satu atau dua, jerawat biasanya akan muncul pada wajah kita. Umumnya wanita lebih sering memiliki jerawat terutama saat memasuki masa sebelum menstruasi.

2. Kurang Menjaga Kebersihan Rambut
Apa hubungan munculnya jerawat dengan kesehatan rambut?. Perlu kamu tahu, rambut juga menjadi faktor penting dalam menyebabkan timbulnya jerawat sehingga kita harus menjaga kebersihan rambut. Seseorang yang kurang menjaga kebersihan rambut seperti jarang keramas, maka saat kulit kepala memperoduksi minyak secara berlebih maka minyak yang bercampur dengan keringan akan mengalir turun melewati wajah. Apalagi jika bercampur dengan debu dan kotoran polusi, yang akan menyebabkan adanya penyumbatan pada pori-pori kulit yang nantinya dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Itulah kenapa terkadang jerawat sangat membandel untuk dihilangkan.

3. Mengkonsumsi Minuman Bersoda
Terlalu banyak mengkonsumsi minuman bersoda ternyata dapat memicu munculnya jerawat. Minuman bersoda dapat menciptakan inflamasi pada tubuh manusia, karena didalam soda terdapat aspartame salah satu zat yang dapat menimbulkan dan meningkatkan jerawat.

4. Adanya Friksi atau Tekanan Pada Kulit
Perlu kamu ketahui, bahwasanya benda-benda yang sering menempel pada wajah dapat menjadi penyebab munculnya jerawat, seperti helm, handphone. Selain tekanan, benda-benda itu juga bisa saja membawa bakteri yang dapat memicu jerawat atau bahkan memperparah jerawat.

5. Alergi Makanan dan Minuman
Penyebab jerawat lainnya ialah akibat memiliki alergi terhadap makana atau minuman tertentu. Seperti seseorang yang alergi dengan jenis kacang-kacangan atau telur.

Aneka Penyebab Terjadinya Jerawat Yang Umum


  1. Faktor genetik atau keturunan
  2. Akibat hormon testosteron jika pada laki-laki
  3. Bakteri yang menginfeksi melalui pori-pori wajah
  4. Menggaruk wajah yang dapat menimbulkan iritasi pada kulit
  5. Anabolic Steroid
  6. Faktor Usia
  7. Penyumbatan pada pori-pori wajah karena sel kulit mati
  8. Mengkonsumsi minuman beralkohol dan merokok
  9. Kurangnya mengkonsumsi makanan yang mengandung Vitamin A dan Vitamin B
  10. Memegang dan memencet jerawat
  11. Terlalu sering terkena paparan sinar matahari secara langsung
  12. Kurang menjaga kebersihan wajah dengan cuci muka yang rutin
  13. Rambut kotor yang menempel pada wajah
  14. Karena terlalu banyak beban pikiran atau stress
  15. Akibat kelenjar minyak yang terlalu aktif
  16. Karena penurunan hormon pada wanita
  17. Karena darah kotor
  18. Akibat mengkonsumsi pil KB
  19. Akibat polusi udara yang kotor
  20. Memakan coklat terlalu banyak
  21. Alergi pada zat kimia yang terkandung pada kosmetik
  22. Kurang mengkonsumsi air putih
  23. Kurang menjaga kebersihan kulit

Selesai sudah pembahasan kita mengenai faktor penyebab munculnya jerawat pada wajah, tangan, punggung, leher. Semoga dengan mengetahui faktor penyebab timbulnya jerawat, kita menjadi lebih hati-hati dan tahu cara menghilangkan jerawat dengan benar dan efektif.
Related : Penyebab Munculnya Jerawat Pada Wajah.