Apa Itu Jerawat Dan Apa Jenis-Jenis Jerawat Itu?

Apa Itu Jerawat Dan Apa Jenis-Jenis Jerawat Itu? Jerawat merupakan benjolan-benjolan kecil yang sering muncul pada tubuh kita. Banyak orang salah beranggapan bahwa jerawat hanya muncul diwajah. Padahal sebenarnya jerawat bisa muncul pada bagian lain ditubuh kita seperti pada dada, punggung, leher. Dan ternyata jenis jerawat juga berbeda-beda, walaupun sekilas semua tampak memiliki bentuk yang sama. Munculnya jerawat walaupun hanya berukuran kecil tentu saja akan berdampak tidak baik, khususnya untuk kecantikan. Wanita merupakan makhluk yang sejatinya ingin selalu tampil cantik terutama kepada lawan jenis. Maka munculnya jerawat menjadi musuh yang sangat ingin segera dihilangkan. Pada kesempatan ini kita akan membahas seputar jenis jerawat, selain untuk edukasi, kita juga akan lebih mengetahui bagaimana cara menghilangkan jerawat dengan benar menggunakan langkah-langkah yang mudah dan efektif.

apa itu jerawat pengertian jenisnya image

Jenis-Jenis Jerawat Yang Harus Kamu Tahu

Jenis Jerawat Berdasarkan Bentuknya

1. Jerawat Radang
Jerawat radang, jenis jerawat ini merupakan yang paling banyak dialami. Proses munculnya jerawat radang lebih kurang seperti ini. Apabila kantung folikel yang terdapat pada lapisan dermis kulit terisi oleh lemak, maka hal ini kan menyebabkan penggembungan pada lapisan dermis. Penggembungan ini semakin lama akan pecah, kemudian darah putih yang menjadi seperti pihak keamanan pada tubuh akan bertindak cepat untuk menyerang daerah folikel sebasea untuk membunuh kuman dan nantinya akan menimbulkan benjolan atau peradangan yang terisi oleh nanah. Jerawat radang ini ukurannya bervariasi dan rasanya perih saat tersentuh. Tidak disarankan untuk mengeluarkan mata jerawat atau nanah pada peradangan ini. Kenapa? Apabila kita memecahkan jerawat dan memaksa nanah keluar, sedangkan tangan ataupun alat yang kita gunakan tidak dalam kondisi bersih, maka akan menimbulkan peradangan baru karena adanya infeksi oleh kuman dari luar yang tersalurkan lewat tangan atau alat kita yang kurang bersih.

2. Komedo
Mendengar kata komedo pasti sudah tidak asing lagi. Komedo biasanya mudah kita jumpai pada sekitar area hidung. KOmedo sejatinya merupakan jenis jerawat, namun komedo berbeda dengan jerawat radang. Komedo tidak akan sakit saat disentuh dan juga tidak mengakibatkan munculnya benjolan pada permukaan kulit. Komedo merupakan jenis jerawat yang hanya menyumbat pori-pori kulit dan tidak terinfeksi oleh kuman ataupun bakteri. Walaupun komedo tidak terlalu menyakitkan seperti jerawat radang, adanya komedo juga mengganggu terutama untuk wanita.

3. Jerawat Konglobata
Jerawat jenis konglobata yang mungkin baru anda dengar kali ini merupakan kumpulan jerawat atau kadang berbentuk bisul. Jerawat konglobata biasanya diawali dengan munculnya hanya 1 jerawat, kemudian bertambah disekitar yang pertama, selanjutnya melebar dan bernanah. Hal ini terjadi karena kita memencet jerawat menggunakan alat yang tidak bersih. Sehingga kuman menginfeksi dan menyebarkan jerawat lebih cepat.

Jenis Jerawat Yang Dikenal Secara Umum

1. Jerawat Pasir
Jerawat pasir memiliki bentuk kecil, dan tidak terasa sakit saat disentuh. Namun walaupun jerawat pasir tidak perih saat disentuh, karena jumlahnya yang banyak, jenis jerawat yang satu ini akan sangat mengganggu penampilan kamu. Jadi wajib hukumnya buat kamu yang ingin tampil cantik untuk menghilangkan jerawat yang satu ini.

2. Jerawat Batu
Kebalikan dengan jerawat pasir, jerawat batu memiliki ukuran yang lebih besar. Jangan coba-coba untuk memencet jerawat yang satu ini. Rasa perih yang diakibatkan lebih menyakitkan dibanding jerawat biasa karena ukurannya yang lebih besar. Selain itu bekas jerawat yang dihasilkan juga lebih besar dan akan terlihat menghitam. Jadi kamu tidak ingin kan jika wajah cantikmu ternoda bintik hitam bekas jerawat?.

Aneka Jenis Jerawat Lainnya


1. Jerawat Juvenil
Jerawat Juvenil merupakan jerawat yang muncul pertama kali, jerawat ini muncul saat seseorang memasuki masa remaja. Penyebab munculnya jerawat juvenil adalah perubahan hormonal pada saat usia remaja pada rentang umur 14-20 tahun.

2. Jerawat Rosacea
Jerawat yang satu ini biasa muncul pada wanita saat usia 30 hingga 50 tahun. Jerawat ini disebabkan karena adanya peradangan, kemudian menimbulkan lipatan pada hidung yang menyebabkan seolah-oalh bersisik. Pergi ke dokter kulit merupakan cara yang paling cepat untuk mengatasi si Rosacea

3. Jerawat Nitrosica
Untuk jenis jerawat yang satu ini kamu harus sangat hati-hati untuk mengobatinya. Salah pengobatan akan menyebabkan bekas jerawat dan lubang pada wajah. tentu saja kamu tidak inginkan jika wajah cantikmu tidak rata?

4. Jerawat Vulgaris
Jerawat vulgaris merupakan nama lain dari komedo. Seperti yang dibahas pada awal artikel ini. Komedo tidak terlalu berbahaya dan mengganggu. Tidak menimbulan peradangan serta tidak terasa perih saat disentuh. Namun untuk menghilangkan komedo, jangan memencet komedo sembarangan dan menggunakan alat yang tidak bersih. karena dapat menyebabkan munculnya jerawat radang akibat infeksi kuman dan bakteri.

Bertambah pengetahuan kita tentang apa itu jerawat dan apa jenis-jenis jerawat itu?. Ternyata sangat beragam jenis jerawat walaupun bentuknya terlihat sama saja. Penyebab munculnya jerawat pada umumnya karena perubahan hormonal pada tubuh kita serta kurangnya kita memperhatikan kebersihan kulit. Jangan lupa untuk rajin mencuci wajah, untuk menghilangkan polusi yang bercampur dengan keringat kita, terutama sebelum tidur.  Semoga bermanfaat.
Related : Apa Itu Jerawat Dan Apa Jenis-Jenis Jerawat Itu?.