Cara Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami Dan Cepat

Cara menghilangkan jerawat batu secara alami dan cepat merupakan salah satu solusi jerawat yang banyak dicari. Ini menjadi sebuah kesimpulan bahwa memang jerawat menjadi masalah wajah yang banyak dialami, terutama untuk para ramaja. Salah satu jenis jerawat yang sering muncul pada wajah yaitu jerawat batu. Jerawat batu memiliki ukuran yang lebih besar dibanding jerawat biasa. Jika jerawat biasa saja sudah sangat mengganggu, apalagi jerawat yang lebih besar ukurannya. Pasti sangat mengurangi kepercayaan dirimu. Lalu bagaimana cara mengatasi jerawat batu secara alami dan cepat? Simak selengkapnya dibawah ini.

cara menghilangkan jerawat batu cepat alami image

Cara Mengatasi Jerawat Batu Dengan Cepat Dan Alami

Jerawat batu atau dikenal dengan nama latin Cystic Acne adalah salah satu jenis jerawat yang memiliki ukuran besar, memiliki ukuran besar karena terjadi peradangan yang sangat hebat disekitar jerawat sehingga membuat ukuran jerawat tersebut tampak lebih besar dari jerawat pada umumnya. Selain itu karena ukuran dan peradangan yang lebih besar maka rasa perih saat disentuh juga lebih hebat dibanding jerawat biasa. Sebelum kita mengulas cara menghilangkan jerawat batu, ada baiknya jika kamu lebih mengetahui tentang jenis-jenis jerawat dan penyebab munculnya jerawat.

Penyebab Munculnya Jerawat Batu


1. Kurang Menjaga Kebersihan
Kurang menjaga kebersihan wajah dapat menyebabkan munculnya jerawat. Pada awalnya hanya muncul jerawat kecil, namun jika terkena bakteri dari luar bisa saja menjadi semakin banyak dan menyebabkan peradangan yang lebih besar. Apalagi jika kita sering memencetnya menggunakan kuku atau alat lain yang tidak higienis maka akan menyebabkan jerawat batu dan bisa berakibat fatal.

2. Faktor Keturunan (Gen)
faktor keturunan bisa menjadi penyebab jerawat batu. Jika orang tua pernah memiliki riwayat jerawat batu, maka si anak kemungkinan besar juga akan mengalami munculnya jerawat batu.

3. Kulit Wajah yang Sensitif Pada Radang
Ada beberapa orang yang memiliki kulit sensitif. Salah satu contohnya jika wajah sedang mengalami jerawat dan mengalami peradangan, maka bisa saja akan memperparah jerawat dan muncul jerawat batu.

4. Tidak Normalnya Pertumbuhan Sel Kulit
Sel kulit yang normal ketika terjadi sel-sel kulit mati maka dengan cepat kulit akan beregenerasi kembali. Akan tetapi jika pada kulit dengan pertumbuhan yang tak normal, sel-sel kulit mati akan lebih lambat beregenerasi sehingga akan menumpuk dan terjadilah peradangan yang mengakibatkan munculnya jerawat batu.

Cara Mengobati Jerawat Batu Secara Alami


1. Menghilangkan Jerawat dengan Bawang Putih
Bawang putih dibalik manfaatnya sebagai bumbu dapur ternyata mempunyai manfaat lainnya untuk perawatan, salah satunya untuk mengobati jerawat. Tips mengobati jerawat batu dengan bawang putih cukup mudah, bahan yang kita butuhkan hanya bawang putih. Langkah pertama kita potong bawang putih menjadi bentuk yang lebih kecil. Kemudian aplikasikan pada wajah, terutama bagian yang terdapat jerawat. Bawang putih mampu mencegah meluasnya peradangan sehingga tidak merambat pada wajah lainnya. Jadi selain menyembuhkan jerawat, penggunaan bawang putih juga akan mencegah timbulnya jerawat baru. Lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

2. Obati Jerawat dengan Sidaguri
Cara mengobati jerawat batu menggunakan sidaguri dengan melakukan penguapan pada wajah. Rebus sidaguri dengan 3 gelas air sampai mendidih, kemudian posisikan wajah diatas sidaguri yang telah mendidih.

3. Mengatasi Jerawat dengan Kentang
Penggunaan masker kentang ternyata juga sangat ampuh untuk mengatasi jerawat yang membandel diwajah. Hancurkan kentang yang akan kita gunakan sebagai masker, sebelum mengaplikasikan masker kentang, ada baiknya cuci muka terlebih dahulu. jangan lupa untuk rutin melakukan treatment dengan kentang agar jerawat batu segera hilang.

4. Mahkota Dewa
Mahkota dewa bukan saja bermanfaat jika kita ubah menjadi teh. Jika kamu punya jerawat batu pada wajah cantikmu, maka haluskan buah, daun atau umbi mahkota dewa kemudian oleskan pada wajah yang berjerawat. Tanaman mahkota dewa memiliki kandungan anti iritasi dan anti radang sehingga sangat efektif untuk meredakan peradangan dan membasmi jerawat.

5. Basmi Jerawat dengan Mengkudu
Mengkudu yang merupakan salah satu buah kaya khasiat dengan aroma khas ini juga dipercaya dapat menyembuhkan jerawat batu. Untuk mengobati jerawat dengan mengkudu, kita akan membuat jus mengkudu untuk pengobatan dari dalam. Blender buah mengkudu dengan menambahkan sedikit gula batu, setelah itu saring dan panaskan hingga mendidih kemudian minumlah selagi masih hangat. Buah mengkudu dan gula batu memiliki khasiat untuk membersihkan darah kotor pada wajah. Kamu juga bisa mengkombinasikan cara ini dengan perawatan luar menggunakan bahan-bahan seperti diatas.

Itulah beberapa tips menghilangkan jerawat secara alami, namun jika jerawat masih membandel ada baiknya kamu segera konsultasikan pada ahli kulit untuk penanganan yang lebih maksimal untuk kesembuhan jerawat batu anda. Namun selain cara mengobati, kita juga harus tahu dan paham penyebab jerawat, sehingga kita bisa mencegah munculnya jerawart. DIbawah ini beberap tips mencegah timbulnya jerawat semoga bermanfaat :

Pencegahan Terhadap Jerawat Batu


  1. Kurangi mengkonsumsi gorengan, makanan yang mengandung minyak dan lemak berlebih.
  2. Biasakan untuk sering mengkonsumsi buah dan sayuran.
  3. Rutin mencuci muka, terutama sebelum tidur. Mencuci muka akan membantu menghilangkan debu dan polusi yang menempel pada wajah.
  4. Sebelum menggunakan kosmetik jangan lupa bersihkan wajah terlebih dahulu.
  5. Perbanyak minum air putih, serta kurangi minuman bersoda.
  6. Jangan menggunakan kosmetik dan bedak terlalu tebal.
  7. Jika kamu suka menggunakan masker wajah, gunakan masker wajah yang menggunakan bahan-bahan alami dari bengkoang, melon, pepaya, coklat, apel, kopi.


Itulah beberapa cara menghilangkan jerawat batu secara alami dan cepat, semoga bermanfaat dan jangan lupa infokan kepada teman-teman kamu yang memiliki masalah dengan jerawat di wajahnya. Semoga bermanfaat
Related : Cara Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami Dan Cepat.